10 Kuliner Khas Bandung yang Wajib Dicoba saat Berlibur ke Kota Kembang


Bandung adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kuliner khasnya. Kota ini menyimpan berbagai macam kuliner yang sangat menggugah selera dan sayang untuk dilewatkan. Di sini, kita dapat menemukan makanan tradisional khas Jawa Barat, hingga makanan modern yang berkelas dunia. Berikut adalah beberapa kuliner yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Bandung.


  • Nasi Timbel

Nasi timbel adalah makanan khas Jawa Barat yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan daun pisang dan disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, dan sayur-sayuran. Rasanya sangat lezat dan gurih, serta cocok dijadikan sebagai hidangan utama atau makanan ringan.


  • Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah makanan khas dari daerah Purwakarta, Jawa Barat. Makanan ini terdiri dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk menggunakan bambu lalu dibakar di atas arang. Sate ini disajikan dengan bumbu kacang yang sangat khas, serta lalapan seperti tomat dan mentimun. Rasanya sangat gurih dan nikmat, cocok dijadikan sebagai makanan pendamping saat makan nasi atau bisa juga dijadikan sebagai makanan ringan.


  • Batagor

Batagor adalah singkatan dari bakso tahu goreng, merupakan makanan khas Bandung yang terbuat dari adonan bakso ikan yang dilumuri tepung kemudian digoreng. Batagor disajikan dengan saus kacang yang pedas dan asam segar serta kecap manis yang membuat rasa semakin nikmat. Makanan ini dapat dijumpai di berbagai tempat makan di Bandung.


  • Mie Kocok

Mie kocok adalah makanan khas Bandung yang terbuat dari mie yang dicampur dengan daging sapi, kuah kaldu sapi, tauge, dan daun seledri. Rasanya sangat gurih dan segar, cocok untuk disantap di siang hari atau sebagai makanan ringan. Tempat makan mie kocok yang terkenal di Bandung antara lain Mie Kocok Pak Gendut, Mie Kocok Bandung Indra, dan Mie Kocok Mang Endang.


  • Cireng

Cireng adalah makanan ringan khas Bandung yang terbuat dari tepung kanji yang dicampur dengan bahan-bahan lain seperti bawang putih, garam, dan merica, kemudian dibentuk dan digoreng. Cireng disajikan dengan saus sambal kacang atau saus pedas yang nikmat. Makanan ini mudah ditemukan di pedagang kaki lima atau warung makan di Bandung.


  • Es Cendol

Es cendol adalah minuman khas Indonesia yang juga populer di Bandung. Minuman ini terdiri dari cendol, santan, gula merah, dan es serut. Rasanya sangat segar dan cocok disantap di cuaca yang panas. Tempat makan es cendol yang terkenal di Bandung antara lain Es Cendol Misbach, Es Cendol Aci, dan Es Cendol Elizabeth.


  • Bakso

Bakso adalah makanan favorit di Indonesia yang juga banyak dijumpai di Bandung. Makanan ini terdiri dari bola-bola daging yang dibuat dari daging sapi atau ayam yang dicampur dengan tepung tapioka. Bakso disajikan dalam kuah kaldu dengan mie, tauge, dan daun bawang. Beberapa tempat makan bakso yang terkenal di Bandung antara lain Bakso Rusuk Mercon, Bakso Solo Samrat, dan Bakso Sehat Jalan Riau.


  • Soto Bandung

Soto Bandung adalah makanan khas Bandung yang terdiri dari irisan daging sapi, mie kuning, telur, tauge, kentang, dan daun bawang yang disajikan dalam kuah kaldu bening yang gurih. Soto Bandung sangat cocok disantap di saat cuaca dingin atau saat kita membutuhkan makanan yang menghangatkan tubuh. Beberapa tempat makan soto Bandung yang terkenal di Bandung antara lain Soto Ayam Naripan, Soto Bandung Pak Udin, dan Soto Mie Bogasari.


  • Martabak

Martabak adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang diisi dengan berbagai bahan seperti daging, telur, keju, atau cokelat, kemudian dilipat dan digoreng. Martabak disajikan dengan saus kacang dan saus pedas yang nikmat. Martabak biasanya dijual di malam hari di pinggir jalan atau di warung-warung makan.


  • Mie Ayam

Mie ayam adalah makanan khas Indonesia yang juga populer di Bandung. Makanan ini terdiri dari mie kuning yang disajikan dalam kuah kaldu ayam yang gurih, kemudian ditambahkan irisan daging ayam, tauge, dan daun bawang. Mie ayam sangat cocok disantap di saat cuaca dingin atau sebagai makanan ringan. Beberapa tempat makan mie ayam yang terkenal di Bandung antara lain Mie Ayam Akong, Mie Ayam Pangsit Lumayan, dan Mie Ayam Yamin.


Itulah beberapa kuliner yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Bandung. Dari makanan tradisional hingga makanan modern, Bandung memiliki banyak sekali pilihan kuliner yang menggugah selera. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi para pecinta kuliner yang ingin menjelajahi kekayaan kuliner Indonesia di Kota Bandung.

No comments

Powered by Blogger.